Penyebab Anak Tidak Mau Makan

3 Penyebab Anak Susah Makan, Ibu dan Ayah Wajib Kenali Gejalanya

Mencari kita tahu penyebab anak tidak mau makan memerlukan keterampilan komunikasi orangtua.  Pasalnya tidak banyak anak yang Mau mengatakan apa penyebabnya ia tidak menyukai makanannya Kembali.

Seringkali orang tua menyadari ketika anak-anak sudah tidak mau mengkonsumsi makanan yang tidak disukainya. Jika hal ini terjadi tidak perlu panik lakukan adalah melihat perubahan pola makan tersebut peserta mencari tahu apa faktor penyebabnya.   Nya

Penyebab Anak Tidak Mau Makan

Tanpa mengetahui faktor penyebabnya, maka cara apapun yang Anda lakukan untuk si kecil akan sulit menjadi salah satu pemecahan masalahnya. Maka kunci utamanya adalah perhatikanlah kejadian sehari-hari yang dialami oleh si buah hati.

Jika sudah dapat berkomunikasi dengan baik, cobalah berbicara menggunakan bahasa nya Sehingga anda memahami apa yang menjadi kegelisahannya. Dengan demikian sekecil pun merasa bahwa ia diperhatikan oleh orang tuanya.

Bosan dengan Menu yang Disajikan

Perubahan pola makan oleh seorang anak dapat terjadi karena variasi menu yang disajikan tidak jauh berbeda dari hari ke hari.  apalagi jika ia melihat bahwa sajian makanan temannya lebih menarik dibandingkan dengan yang  harus dikonsumsinya.

Oleh karena itu, ibu sebaiknya memberikan variasi menu yang lebih menarik. Usahakan setiap hari menunya berbeda-beda serta menggunakan bahan alami yang berwarna sehingga sajiannya tampak lebih lebih menyenangkan.

Anak mengalami Gangguan Pencernaan

Perhatikanlah apakah  buah hati mengalami gangguan saluran cerna misalnya diare atau sembelit.  Bisa jadi, lambungnya yang terasa panas setelah mengkonsumsi makanan tertentu atau ada timbulnya mual dan rasa yang tidak enak pakai pada bagian saluran cerna yang lain.

Jika ini yang terjadi tanyakanlah jenis makanan apa yang baru saja dikonsumsinya. Selanjutnya bawalah ke dokter untuk mengatasi gejala tersebut. Dengan demikian kondisi saluran pencernaan anak akan kembali normal.

Anak Alergi dengan Bahan Makanan Tertentu

Anak yang susah makan bisa jadi penyebabnya karena ia mengalami alergi dengan bahan makanan tertentu, tetapi tidak dapat mengungkapkannya kepada orang tua. Karena kadangkala reaksi alergi ini memang tidak terlihat langsung atau berjalan dengan sangat lama. Sehingga Anda tidak menduga bahwa itu adalah gejala alergi.

Gejala alergi bisa timbul sesuai setelah anak mengkonsumsi alergen tertentu misalnya seafood dan kacang. Bisa juga makanan yang sifatnya dapat mengiritasi lambung misalnya terlalu pedas atau terlalu berbumbu.

Gejala alergi yang timbul pada anak setelah mengkonsumsi makanan tertentu misalnya gatal bengkak mata menangis atau tingkatan paling parah adalah mengalami kesulitan bernafas. Bisa jadi hanya timbul rasa tidak enak pada bagian perut atau lambung.

Jika menemui gejala tersebut segera periksakan ke dokter agar diberikan treatment sehingga gejala tersebut menghilang. Dengan demikian pola makan anak dapat kembali seperti semula lagi.

Cara mencari tahu penyebab anak tidak mau makan  memerlukan kerjasama kedua belah pihak, orang tua dan anak. Dengan demikian pola makan si buah hati dapat kembali seperti semula lagi. Anak pun dapat menikmati proses makanan sajian yang diberikan.

Related Posts