Kenali Ciri ciri Kucing Cacingan Jangan Sampai Terlambat

Kenali Ciri-ciri Kucing Cacingan, Jangan Sampai Terlambat!

Salah satu penyakit yang bisa menyerang kucing adalah cacingan. Ketika tahu bahwa kucing cacingan, sebagai pemiliknya pasti kamu akan bingung dan sedih.

Kamu pastinya akan bingung harus melakukan apa. Kamu juga mungkin merasa jijik apabila harus merawat atau membersihkan cacing-cacing yang dikeluarkan kucing setiap harinya.  Untuk itu, kamu perlu mengetahui ciri-ciri kucing mengalami cacingan, tujuannya ialah agar kucing dapat cepat mendapatkan pengobatan.

Ciri-ciri Kucing Cacingan dan Cara Mengatasinya

Penyebab kucing cacingan biasanya karena kucing bersentuhan dengan kotoran yang terinfeksi. Pada umumnya, kucing yang mengalami cacingan adalah kucing yang sering berjalan-jalan diluar ruangan. Diluar ruangan kucing kemungkinan berburu hewan pengerat, ini pastinya berisiko membuat kucing tertular cacing.

Beberapa jenis cacing yang bisa menyerang kucing ialah cacing gelang usus, cacing tambang, atau bahkan cacing pita. Baiklah, yuk langsung saja kita kenali ciri-ciri kucing tertular cacing sebelum terlambat.

Bulu Kucing Cacingan Lebih Kasar

Gejala ringan yang bisa kamu perhatikan saat kucing tertular cacing adalah bulunya yang kasar. Bulu kucing yang kasar, tidak mengkilau, dan disertai oleh perut buncit adalah tanda kucing kesayanganmu mengalami cacingan. Selain itu, biasanya tanda ini juga disertai oleh menurunnya berat badan.

Perilaku atau Sikap yang Tidak Biasa pada Kucing

Kucing Cacingan biasanya seringkali lesu, ia akan kehilangan semangat atau ketertarikannya untuk bergerak secara energik. Kucing yang tertular cacing juga biasanya akan menyeret pantatnya di sepanjang karpet. Hal ini karena terjadi iritasi di pantatnya akibat adanya cacing.

Terlihat Jejak Cacing pada Kucing

Gejala selanjutnya bisa dilihat dari kebiasaan mereka dalam buang air besar. Kucing yang cacingan biasanaya mengalami perubahan buang air besar.

Kamu bisa melihat tanda-tanda kucing cacingan pada kotorannya. Biasanya terdapat cacing pada kotoran kucing, baik itu cacing yang utuh, maupun hanya bagiannya saja. Bukan hanya pada kotorannya, kamu juga bisa melihat di sekitar anus kucing, biasanya terdapat cacing berwarna putih dan berbentuk butiran kecil atau utuh.

Cara Mengobati Kucing Cacingan

Apabila kucing mu mengalami gejala seperti yang sudah dijelaskan di atas, sangat disarankan untuk kamu membawa kucingmu ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan dengan diagnose yang lebih jelas. Beberapa pengobatan yang mungkin dilakukan untuk kucing cacingan diantaranya adalah pemberian obat dan perawatan oleh dokter langsung.

Nah, apabila kamu sudah mengobati kucingmu hingga sembuh dari cacing, ada baiknya kamu melakukan hal-hal yang bisa mencegah kucing tertular cacing lagi. Hal-hal yang bisa dilakukan sebagai pencegahan diantaranya:

  1. Jaga kebersihan kucing dengan baik, mulai dari tubuh, tempat tinggal, serta tempat kotorannya.
  2. Jangan biarkan kucing berbagi kotak pasir dengan kucing lain.

Related Posts