Macam-Macam Logo pada Kemasan Plastik Daur Ulang dan Artinya

Macam-Macam Logo pada Kemasan Plastik Daur Ulang dan Artinya

Produk makanan maupun minuman dengan kemasan plastik daur ulang pasti mempunyai simbol. Setiap produk mempunyai simbol yang berbeda-beda. Perbedaan simbol ini memberikan informasi pada konsumen mengenai kepedulian kita pada lingkungan. Simak di bawah ini macam-macam logo pada kemasan plastik daur ulang dan artinya.

1. PET atau PETE

PETE/PET adalah Polyethylene Terephthalate yang digambarkan dengan simbol daur ulang ber angka satu di tengahnya. Terletak pada bagian bawah kemasan yang artinya plastik tersebut terbuat dari bahan PET dan hanya dapat digunakan satu kali. Sangat dilarang untuk mengisi kembali dengan air panas karena muncul zat karsinogenik. Plastik ini biasa terdapat pada bungkus botol minuman, soda, minyak, kotak obat dan lainnya.

2. HDPE atau PEDH

Simbol daur ulang dengan angka dua di tengahnya yang terbuat dari High Density Polyethylene. Dapat digunakan berulang kali karena telah melalui proses daur ulang yang sering. Biasanya terdapat pada galon air, botol sabun, detergen, botol susu dan lainnya.

3. PVC atau V

Bergambar simbol daur ulang dengan angka 3 di tengahnya artinya terbuat dari Polyvinyl Chloride. Dinamakan sebagai plastik beracun karena kandungan racun yang bisa larut dalam air. Biasa digunakan pada pipa dengan keadaan plastik yang sangat sulit didaur ulang.

4. LDPE atau PE-LD

Sama seperti yang lain hanya berbeda pada angka 4 di tengahnya yang berbahan dasar Low Density Polyethylene. Bersifat elastis dan dapat digunakan berkali-kali. Biasa digunakan dalam bentuk tas belanjaan, kresek dan plastik sampah.

5. PP

Plastik dengan simbol angka 5 di tengahnya ini terbuat  dari bahan Polypropylene. Bagus untuk wadah makanan atau minuman dengan bahan yang aman dan kuat pada suhu panas. Biasa digunakan pada selotip, botol sirup, dan lainnya. Kelemahan dari jenis plastik ini adalah sangat sulit didaur ulang. Maka dari itu tetap dianjurkan untuk mengurangi penggunaan pada jenis plastik ini.

6. PS

Bergambar angka 5 di tengah daur ulang artinya terbuat dari bahan Polystyrene. Dapat mengeluarkan zat karsinogen penyebab kanker terlebih saat digunakan untuk wadah dari makanan atau minuman panas. Maka tidak diperbolehkan untuk wadah makanan atau minuman meskipun sampai saat ini masih banyak yang memakainya. Plastik jenis ini dibuat ringan harga murah seperti pada sendok plastik, tempat telur dan lainnya.

7. O

O artinya other atau jenis plastik yang terbuat dari bahan selain di atas. Sangat berbahaya untuk tempat makanan dan minuman karena mengeluarkan BPA penyebab kerusakan organ. Biasa digunakan untuk iPod cases, compact disk dan lainnya.

Demikian berbagai macam logo pada kemasan plastik daur ulang beserta artinya. Setelah mengetahui logo tersebut menjadikan konsumen lebih bijak dalam menggunakan plastik. Secara tidak langsung sebagai pemerhati terhadap lingkungan.

Related Posts