Mengenal Manfaat Protein Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

Mengenal Manfaat Protein Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

Table of Contents

Manfaat protein tidak dapat digantikan oleh nutrisi lainnya. Oleh karenanya, jangan sampai buah hati yang dalam masa tumbuh kembang mengalami kekurangan protein. Sebabnya, sumber makanan zat gizi ini tersedia dengan mudahnya.

Protein adalah senyawa yang mempunyai banyak kegunaan bagi tubuh. Fungsinya tidak main-main, karena kekurangan zat gizi ini akan mempengaruhi proses tumbuh kembang si kecil. Dimulai dari sebagai cadangan energi sampai regenerasi sel tubuh.

Mengenal Manfaat Protein

Tidak ada bagian tubuh yang tidak terdapat protein, termasuk tulang, helaian rambut, kulit dan otot. Zat ini terdiri dari 20 jenis asam amino, yang mana 9 termasuk asam amino esensial, dan 11 lainnya merupakan non esensial.

Sumber Energi Bagi Tubuh

Protein merupakan penyedia energi ketiga sesudah karbohidrat dan lemak.Setiap 1 gramnya mengandung energi sebesar 4 kalori. Semuanya disimpan sel tubuh dan akan digunakan jika terjadi defisit energi.

Membangan dan Memperbaiki Jaringan Tubuh yang Rusak

Protein dikenal juga sebagai zat pembanguan yang memiliki peranan besar untuk menyusun sel tubuh. Bertanggung jawab untuk melakukan pemeliharaan dan penggantian sel dan jaringan tubuh yang rusak.

Tubuh membutuhkan protein dalam kadar yang lebih banyak, ketika Anda dalam keadaan sakit, ibu hamil, perempuan menyusui dan ketika ada proses pertumbuhan jaringan baru. Pada saat itulah terjadi proses pemecahan protein pada tubuh yang lebih banyak. .

Membentuk Antibodi Sebagai Pendukung Sistem Imunitas

Fungsi protein lainnya adalah membantu tubuh untuk memproduksi imunoglobulin atau yang lebih dikenal sebagai antibodi. Zat ini memiliki peranan yang penting untuk melawan semua infeksi yang masuk ke dalam tubuh karena bakteri dan virus.

Setelah antibodi terbentuk dalam tubuh terbentuk, maka sel-sel imun dalam tubuh akan mengenalnya lagi, jika nanti bakteri atau virus tadi memasuki tubuh kembali, Sehingga dapat mencegah terulangnya penyakit tersebut.

Memproduksi Hormon serta Enzim

Enzim adalah salah satu protein yang banyak ditemui pada sel yang bertanggung jawab dalam berbagai reaksi biokimia dalam tubuh. Antara lain, mencerna makanan, menetralkan racun, mengatur hormon, serta proses kontraksi otot.

Protein juga bertanggung jawab terhadap sebagian besar pembentukan hormon. Zat ini memiliki fungsi sebagai transmitter sinyal dan mengontrol proses biologis yang terjadi pada sel, jaringan tubuh danĀ  organ.

Mendukung Fungsi Faal Tubuh

Fungsi lain dari protein adalah menyeimbangkan asam basa tubuh, jumlah cairan dalam darah serta menyimpan cadangan gizi bagi proses pertumbuhan dan perbaikan sel.Protein juga berfungsi sebagai transporter bagi senyawa kimia yang akan melewati darah untuk masuk keluar sel tubuh.

Menilik banyaknya manfaat protein bagi tubuh, pastikan untuk menyediakan asupan yang memenuhi kebutuhan si buah hati. Agar tumbuh secara optimal. Pertumbuhan yang baik diawali dengan asupan berkualitas. Pengganti energi ini akan disimpan digunakan jika tubuh benar-benar membutuhkannya.

Related Posts